728x90 AdSpace

Breaking

Ads[postpage]

Ads[homepage]

Tuesday, August 02, 2016

Fenomena Alam Akan Kembali Hadir Di Langit Indonesia Pada Bulan Agustus 2016, Apa Itu? Simak Beritanya Di sini.

Hujan meteor Delta Aquarid dan Perseid. via suarabmi.co


RAKYATINA.COM | BERITA NASIONAL: Sebelum menceritakan fenomena alam yang akan terjadi pada bulan Agustus 2016 nanti, marilah kita sejenak untuk kembali mengingat bahwa pada bulan Agustus yang tepatnya pada tanggal  17 – 08 – 2016 nanti adalah hari yang sakral bagi bangsa ini. Ya, karena pada tanggal itu adalah hari lahirnya sebuah bangsa yang merdeka yang bernama “INDONESIA!” yang diproklamirkan langsung oleh sang proklamator kita bernama, Ir Soekarno dan Muhammad Hatta di Jakarta 71 tahun yang silam.

Berbicara bulan Agustus nampaknya nama bulan itu menjadi sebuah nama yang sangat istimewa bagi segenap lapisan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dimana bulan Agustus itu adalah sebuah bulan yang memiliki catatan penting dalam sebuah perjalanan panjang bangsa ini terhadap peradaban kelam dimasa lalu,  untuk menuju sebuah bangsa yang maju dan bermartabat dalam berbangsa dan bernegara tentunya.

Baiklah, kita mulai saja ke dalam topik utama kita seperti yang tertera pada judul utama postingan ini yaitu, “tentang fenomena alam yang akan terjadi di bulan Agustus tahun 2016 kali ini.”

Seperti dikutip dari laman nationalgeographic.co.id, bahwa pada pertengahan bulan Agustus nanti langit Indonesia akan menghadirkan sebuah fenomena langit yang bernama “meteor garden” atau “hujan meteor.”

Pada kesempatan tahun ini, hujan meteor terdiri dari dua jenis yaitu bernama hujan meteor Delta Aquarid dan hujan meteor Perseid. Jika Anda tidak ketinggalan info, tentu saja Anda sudah dapat menyaksikan sebuah hujan meteor Delta Aquarid, karena meteor Delta Aquarid telah terjadi pada bulan sebelumnya yaitu pada pertengahan hingga akhir bulan Juli 2016 ini.

Namun tenang saja, bagi Anda yang baru saja tahu infonya dari sini, Anda masih dapat menyaksikan fenomena langit tentang bintang-bintang yang berjatuhan di bulan Agustus ini. Ya, Anda nanti akan kembali dapat menyaksikan kejadian alam yang tergolong langka ini yang penting Anda terus simak postingan ini sampai habis dan tentu saja catat tanggal mainnya.

Seperti yang kita bahas tadi, bahwa hujan meteor yang terjadi pada tahun ini terbagi menjadi dua bagian yaitu hujan meteor Delta Aquarid dan hujan meteor Perseid. Ya, jika Delta Aquarid lebih dominan di bulan Juli, maka Perseid akan dominan di bulan Agustus meskipun nanti pada puncaknya hujan meteor Delta Aquarid pun akan kembali terjadi pada 23 Agustusan bersamaan dengan meteor Perseid yang mendapat puncaknya pada pertengahan bulan Agustus nanti.

Hujan meteor Delta Aquarid dan Perseid ini akan lebih mudah dinikmati pada bagian bumi sebelah selatan. Namun, Anda yang berada dibagian bumi sebelah utara pun tidak usah khawatir, karena hujan meteor pun akan terlihat dibagian utara meskipun hanya dengan durasi lebih kecil yaitu sekitar 20 meteor yang berjatuhan setiap jamnya yang dapat Anda saksikan nantinya ketika masa puncaknya.

hujan meteor Delta Aquarid dan Perseid. via global.liputan6.com


Adapun caranya agar Anda bisa menyaksikan fenomena ini adalah:

Waktu yang paling tepat untuk menyaksikan meteor garden ini adalah pada waktu sekitar pukul 2 atau 3 pagi hari.

Serta, Anda harus berada disebuah tempat yang lapang dan luas yang tidak begitu banyak pepohonan rindang dan tinggi menjulang serta situasi yang sedikit memiliki pantulan cahaya sinar lampu-lampu yang mencorong ke alam lepas agar tidak mengganggu penglihatan Anda tatkala sedang menyaksikan fenomena bintang-bintang bertaburan di langit ini. Karena pada waktu itu, bintang-bintang akan terlihat lebih kecil dari biasanya.

Sekedar referensi saja, khususnya bagi Anda yang suka menjelajah alam atau para pecinta alam mungkin ini adalah moment yang tepat untuk Anda saatnya berpetualang di alam lepas seperti, puncak gunung, pantai, dan tempat-tempat lainnya yang jauh dari kebisingan kota.

Dan pada akhirnya, mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan tentang sebuah fenomena alam yang akan terjadi pada bulan Agustus tahun 2016 ini. Semoga bermanfaat ! Dan, selamat menikmati pemandangan indah yang Tuhan berikan. (Sumber:  nationalgeographic.co.id/hipwee.com/ab)


Fenomena Alam Akan Kembali Hadir Di Langit Indonesia Pada Bulan Agustus 2016, Apa Itu? Simak Beritanya Di sini. Reviewed by Abel Baretto on Tuesday, August 02, 2016 Rating: 5 Hujan meteor Delta Aquarid dan Perseid. via suarabmi.co RAKYATINA.COM | BERITA NASIONAL: Sebelum menceritakan fenomena alam yang ...

Reaksi:

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Ads[postpage]