728x90 AdSpace

Breaking

Ads[postpage]

Ads[homepage]

Wednesday, August 17, 2016

Tahukah Kamu, Kenapa Tahun Yang Ditulis Dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Asli Adalah 05 Bukan 45. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-71

Naskah Teks Kemerdekaan Indonesia Yang Asli
Naskah Teks Kemerdekaan Indonesia Yang Asli. via indoberita.com

RAKYATINA.COM | SEJARAH: Genap sudah bangsa ini menginjakkan usianya di angka 71 yang bertepatan dengan hari ini (17 Agustus 2016). Semua itu tentu saja butuh sebuah perjuangan yang sangat panjang oleh para pejuang-pejuang tanah air dari Sabang sampai Merouke, mereka semua sudah pasti banyak mengorbankan baik itu harta, bahkan juga jiwa dan raga. Hingga pada akhirnya, bangsa ini harus dicatat oleh dunia sebagai bangsa yang merdeka yang telah terlepas dari segala belenggu penjajahan kolonial Belanda maupun Jepang terhadap rakyat Indonesia di masa silam.

Sejarah penting pun mencatat saat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Ir. Soekarno yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Drs. Moh. Hatta beserta jajarannya yang secara resmi memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17-08-1945. 

Dan inilah naskah teks proklamasi kemerdekaan yang asli yang disusun oleh Presiden Soekarno, Moch.  Hatta, Achmad Soebardjo dan disaksikan Soekarni, B.M. Diah, Sudiro juga Sayuti Melik. Konsep teks proklamasi ditulis Presiden Soekarno, yang ditandatangani langsung oleh Presiden dan wakil Presiden, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Berikut ini bunyinya:

"Kami bangsa Indonesia dengan ini, menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l. diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta"

Dan inilah naskah teks proklamasi kemerdekaan saat dibacakan:

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan, dll diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama bangsa Indonesia"

Dari kedua naskah yang ada di atas, ada sebuah perbedaan terhadap penulisan pada tahun pembuatan teks kemerdekaan. Di dalam teks asli, tahun tertulis dengan angka '05, sementara, untuk penulisan teks yang dibacakan Soekarno adalah '45. 

Dan perlu kita ketahui, bahwa penulisan tahun yang ada pada teks proklamasi kemerdekaan itu ditulis dengan angka '05, karena pada waktu itu Indonesia masih di bawah kekuasaan Jepang, sehingga, dalam penulisan penanggalan atau tahun pun masih harus mengikuti tahun dari bangsa Jepang yang ketika itu tahun Jepang adalah 2605. 

Nah, itulah asal-usul sejarah penulisan tahun yang tertera pada teks kemerdekaan Indonesia yang asli. DIRGAHAYU INDONESIA KE-71 ! (Sumber: indoberita.com)

(Ryt/ab)


Tahukah Kamu, Kenapa Tahun Yang Ditulis Dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Asli Adalah 05 Bukan 45. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-71 Reviewed by Abel Baretto on Wednesday, August 17, 2016 Rating: 5 Naskah Teks Kemerdekaan Indonesia Yang Asli. via  indoberita.com RAKYATINA.COM | SEJARAH: Genap sudah bangsa ini menginjakkan usianya...

Reaksi:

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Ads[postpage]