728x90 AdSpace

Breaking

Ads[postpage]

Ads[homepage]

Tuesday, November 22, 2016

Jepang Dilanda Gempa 7,3 SR, Ini Penjelasan BMKG Indonesia Terkait Perairan di Wilayah Indonesia

Jepang Dilanda Gempa 7,3 SR, Ini Penjelasan BMKG Indonesia Terkait Perairan di Wilayah Indonesia
Jepang kembali dilanda gempa berkekuatan 7,3 SR yang berpotensi tsunami. (Pict. news.okezone.com)
RAKYATINA.COM | INTERNASIONAL: Jepang kembali dilanda gempa berkekuatan cukup besar. Pusat gempa yang berada di wilayah Fukusima dan Koriyama, Jepang ini memiliki kekuatan 7,3 Skala Richter (SR) dan diprediksikan gempa ini berpotensi tsunami.

Negara berjuluk matahari terbit ini memang terkenal sekali sebagai wilayah yang kerap sekali dilanda gempa. Kendatipun demikian, gempa Jepang kali ini tidak akan berpengaruh terhadap teritorial Indonesia, hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami (BMKG), Mochammad Riyadi di Jakarta.

Titik kordinat gempa Jepang dengan episentrum berada pada 37,38 LS serta 141,36 BT ini yang terletak dilepas pantai Koriyama dengan kedalaman 10 km dan menjadikan ada tsunami lokal yang menerjang wilayah Ofunato dan Mera masing-masing diketinggian 28 cm dan 9 cm, menurut keterangan dari PTWC (Pacific Tsunami Warning Center), Hawaii.

Kepala pusat BMKG nasional menghimbau kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang berada di garis pantai diharap tidak termakan isu dan tetap tenang serta tidak terpengaruh terhadap gempa besar yang melanda Jepang kali ini yang berkekuatan hingga 7,3 Skala Richter (SR).

Adapun jenis gempa Jepang kali ini adalah jenis gempa bumi dangkal dalam wilayah subduksi yang memiliki arti Lempeng Pasific menyusup ke bawah Lempeng Okhotsk. Di mana gempa ini akan menimbulkan sebuah gunjangan yang cukup kuat yang terjadi pada beberapa kota seperti di Fukusima, Koriyama serta wilayah sekitarnya. (Sumber: news.liputan6.com)


(Ryt/ab)
Jepang Dilanda Gempa 7,3 SR, Ini Penjelasan BMKG Indonesia Terkait Perairan di Wilayah Indonesia Reviewed by Abel Baretto on Tuesday, November 22, 2016 Rating: 5 Jepang kembali dilanda gempa berkekuatan 7,3 SR yang berpotensi tsunami. (Pict. news.okezone.com) RAKYATINA.COM | INTERNASIONAL: Jepang...

Reaksi:

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Ads[postpage]